Thursday, November 17, 2011

Signs Your Body is Less Vitamin


Kuku mudah patah, mata terasa kering, pecah-pecah di bagian ujung mulut…

Pernah mengalami hal seperti itu? Mungkin sebagian dari kita merasa itu adalah hal sepele, padahal hal-hal tersebut adalah sinyal yang diberikan tubuh untuk memberi tanda kurangnya vitamin pada tubuh. Mengenali sinyal-sinyal kurangnya vitamin akan membuat kita lebih peka akan keadaan tubuh kita.

Berikut adalah beberapa sinyal bahwa tubuh kita kekurangan zat tertentu:

Kuku mudah patah. Kemungkinannya adalah akibat kekurangan zat besi, zink dan asam lemak esensial. Sebaiknya konsumsi daging, kacang-kacangan dan ikan. Jangan anggap remeh, karena bisa saja ini merupakan indikasi bahwa Anda terkena penyakit tiroid.

Mata terasa kering. Hal ini kerap disebabkan oleh kondisi lingkungan sekitar kita. Ini disebabkan karena air mata tidak dapat melapisi mata dengan baik. Atasi ini dengan mengonsumsi vitamin A dan asam lemak esensial. Sebaiknya konsumsi sayuran atau buah yang berwarna hijau, kuning atau orange.

Pecah-pecah di bagian ujung mulut. Penyebabnya dapat terjadi dikarenakan kekurangan zat besi, vitamin B12, B6 dan asam folat. Sebaiknya Anda mengonsumsi daging, kacang-kacangan dan sayuran berwarna hijau.

Bibir pecah-pecah. Bibir pecah-pecah yang sering kita indikasikan sebagai tanda bahwa tubuh kita mengalami panas dalam, disebabkan karena kekurangan vitamin B2. Sebaiknya konsumsi daging dan produk susu.

Kulit memerah di wajah berminyak. Kemungkinan kekurangan vitamin B2, B6, zink atau asam lemak esensial. Sebaiknya konsumsi daging, ikan, unggas dan kerang.

Jerawat. Timbulnya jerawat, selain bisa disebabkan karena kotoran yang menghambat di pori-pori kulit wajah kita, kemungkinan lainnya juga bisa karena kekurangan vitamin B kompleks, vitamin E dan asam lemak esensial. Sebaiknya konsumsi produk hewani, sereal, unggas dan makanan laut.

Rambut tipis. Kemungkinan kekurangan zat besi atau zink. Sebaiknya konsumsi daging, kacang-kacangan, produk susu dan kerang.

Ketombe. Kulit kepala yang berminyak serta kotoran yang menempel di rambut dapat menyebabkan ketombe. Tapi, ternyata selain itu ketombe juga dapat disebabkan karena Anda kekurangan vitamin C, B6, zink dan asam lemak esensial. Sebaiknya konsumsi buah-buahan seperti jeruk, daging, ikan, unggas dan produk susu.

Mata merah. Mata yang merah seringkali kita indikasikan karena kelelahan atau kemasukan debu. Namun, ternyata mata merah juga mengindikasikan bahwa Anda kemungkinan kekurangan vitamin A dan B2. Sebaiknya konsumsi produk susu, daging, buah atau sayuran berwarna orange dan hijau.

Berjaga-jaga selalu lebih baik dibanding mengobati, karena itu kenali kebutuhan tubuh Anda agar tidak terjadi penyakit yang lebih serius. Kesehatan adalah anugerah yang besar dari Tuhan, namun kita tetap harus bertanggung jawab untuk merawatnya. Aktivitas yang padat jangan dijadikan alasan untuk mengabaikan kesehatan.

1 comments:

Erfiz fahrizal budiarta said...

wah.,wah.,lengkap

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons